Model pembelajarn aktif merupakan alternatif yang harus diperhatikan
jika kualitas lulusan ingin diperbaiki. Penggunaan cara-cara
pembelajaran aktif baik sepenuhnya atau sebagai pelengkap cara-cara
belajar tradisional akan meningkatkan kualitas pembelajaran. Telah
banyak ditemukan bahwa kualitas pembelajaran akan meningkat jika para
peserta didik memperoleh kesempatan yang luas untuk bertanya, berdiskusi
dan menggunakan secara aktif pengetahuan baru yang diperoleh. Dengan
cara ini, diketahui pula bahwa pengetahuan baru tersebut cenderung dapat
dipahami dan dikuasai secara lebih baik. Pada pembelajaran aktif,
penekanan proses pembelajarannya bukan pada penyampaian informasi oleh
pengajar, melainkan pada pengembangan keterampilan pemikiran analitis
dan kritis terhadap topik atau permasalahan yang dibahas. Buku ini
diharapkan dapat menjadi panduan metodologis bagi pengajar dalam
perkembangan dunia pendidikan di Indonesia, khususnya terkait
pembelajaran.
Post A Comment: