Saat ini, kita hidup di era globalisasi. Era ini ditandai kompetisi yang sangat ketat dalam segala bidang, tak terkecuali pendidikan. Sayangnya, kompetisi tersebut menjadikan pendidikan mulai kehilangan jati dirinya. Antar lembaga pendidikan saling berebut merekrut anak didik sebanyak-banyaknya dan berusaha memenangkan persaingan secara tidak sportif. Efek negatif yang menyertai globalisasi ini akan semakin meluas apabila sekolah tidak kembali kepada khittah-nya sebagai pencetak generasi intelektual sekaligus bermoral. Lalu, apa yang harus dilakukan oleh lembaga pendidikan? Jawabnya, sekolah harus menerapkan konsep marketing layaknya lembaga berorientasi bisnis. Tentu saja, marketing yang diterapkan telah disesuaikan dengan konteks dan nilai-nilai luhur pendidikan. Intinya, dengan penerapan marketing itu, sekolah mampu meningkatkan kualitas layanan pendidikannya, sehingga berdampak positif bagi sekolah, anak dan orang tua, dunia pendidikan secara umum, serta bangsa dan negara serta masa depan. Nah, buku ini memuat berbagai konsep mendasar tentang marketing serta urgensi penerapannya dalam dunia pendidikan, serta langkah-langkah praktis implementasi marketing di sekolah. Oleh karena itu, buku ini dapat dijadikan sebagai rujukan , khususnya bagi jajaran pengurus sekolah, dan pemerhati dunia pendidikan pada umumnya.
Share To:

Nurul Shoimah

Post A Comment: