Anak berkesulitan belajar memerlukan program pelayanan remedial. Program
remedial hendaknya dilaksanakan oleh guru khusus yang memiliki keahlian
dalam pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Sebelum memberikan
pengajaran remedial, guru terlebih dahulu menegakkan diagnosis, yaitu
menentukan jenis dan penyebab kesulitan serta alternatif strategi
pengajaran remedial yang efektif dan efisien. Pendidikan bagi anak
berkesulitan belajar merupakan bagian dari ilmu pendidikan luar biasa
atau ortopedagogik, yang secara keseluruhan tidak berbeda dari
pendidikan pada umumnya. Oleh karena itu, pendidikan luar biasa dapat
diselenggarakan terintegrasi dengan pendidikan pada umumnya. Buku ini
mengungkap aspek-aspek yang terkait dengan kajian kesulitan belajar,
yakni gambaran umum tentang kesulitan belajar diantaranya mencakup aspek
medis dan aspek psikologis kesulitan belajar. Juga tentang sistem
pelayanan peningkatan prestasi belajar, kesulitan belajar khusus serta
identifikasi dan intervensi dini.
Post A Comment: