Saat ini menjadi pintar semakin mudah karena dengan perkembangan teknologi media baca makin dibuka seluas-luasnya kepada masyarakat. Bagi mahasiswa yang punya hobi baca buku, menulis skripsi dan butuh referensi, atau siapa saja yang sedang mencari bacaan, saat ini sudah ada iJateng.

Apa itu iJateng? Hampir mirip dengan iPusnas, iJateng adalah aplikasi perpustakaan digital (spustaka) berbasis android yang dapat digunakan untuk membaca buku secara online. Dengan iJateng, user dapat memimjam buku tanpa harus pergi langsung ke kantor Perpustakaan. iJateng ini milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Tengah Semarang.

Untuk menggunakannya, aplikasi iJateng dapat di unduh di Play Store  kemudian diinstal di HP android kemudian mengikuti petunjuk yang ada di dalam pendaftaran. Untuk meminjam buku, pengguna tinggal klik tombol pinjam dan kemudian unduh buku yang akan dipinjam. Adapun buku yang telah dipinjam tidak bisa di simpan di disk telephone maupun diprintout. Peminjam hanya bisa membacanya secara online saja.


Setiap peminjam hanya dibolehkan untuk meminjam 3 buku saja dalam sekali peminjaman, baru setelah buku dikembalikan pengguna bisa meminjam lagi buku yang lain. Adapun lama peminjaman buku maksimal 7 hari, apabila dalam 7 hari buku belum dikembalikan, secara otomatis buku akan kembali dengan sendirinya.
Share To:

Post A Comment: