Pondok pesantren, merupakan lembaga pendidikan yang tumbuh bersama
dinamika masyarakat. Lembaga pendidikan ini juga kerap dipandang sebagai
agen perubahan, karena keberadaannya mampu memberikan fasilitas
pendidikan, terutama dasar, menengah, yang sangat diperlukan di tengah
masyarakat. Lokasi pendirian lembaga pendidikan ini tidak terkecuali,
ada yang berada di kawasan sangat terpencil dan mayoritas berada di
pedesaan. Pesantren biasanya tumbuh atas kepeloporan sebuah kepemimpinan
informal yang dapat menjadi gerbong pemberdayaan bagi pendidikan
masyarakat. Lembaga ini tumbuh sangat independen, karena instrumen
keagamaan dan modalitas dasar ajaran Islam yang memberikan kekuatan
spiritual dan semangat daya juang yang tangguh. Karena itu, pesantren
dapat tumbuh dengan ketekunan dan kemudian menjadi besar bersama
kepercayaan masyarakat. Buku ini merupakan kajian atas beberapa aspek:
dari perspektif Islam dan anjuran agama yang kuat tentang upaya
memperbaiki lingkungan dan menjaga bumi sebagai sebuah amanah yang wajib
dirawat. Juga menguji tentang kebijakan hingga desain program kegiatan
lingkungan di Pondok pesantren, mengambil kajian atas pesantren yang
telah berhasil dan menguji secara ilmiah kondisi pesantren.
Post A Comment: