Hingga saat ini peran guru bimbingan dan konseling (BK) di setiap
sekolah bisa dikatakan hampir tidak terlihat, atau bahkan kerap
dilupakan. Padahal, posisi guru BK di dalam proses pendidikan sangatlah
vital. Keberhasilan program guru BK dalam menjalankan tugasnya dapat
mengantarkan para siswa didik tidak hanya menjadi manusia cerdas secara
intelektual, melainkan juga matang secara emosional. Oleh karena itu,
sebagaimana guru pengampu mata pelajaran pada umumnya, setiap guru BK
juga harus memahami dan memiliki rancangan kerja serta metode dalam
menjalankan fungsinya, sekaligus mengevaluasi kinerjanya. Di dalam buku
ini dibahas segala hal tentang evaluasi dan supervisi untuk dunia
bimbingan konseling beserta panduan praktisnya. Segala penjelasan
mengenai model dan pendekatan evaluasi bimbingan konseling, hambatan
melakukan evaluasi bimbingan konseling serta metode yang digunakan,
teknik evaluasi dalam bimbingan konseling hingga proses dan pengembangan
instrumen serta pengaruh aliran konseling pada supervisi konseling
dikupas tuntas di dalam buku ini.
Post A Comment: